Selamat Datang di Blog Saya

Selamat Datang di Blog Saya
SEMOGA DAPAT ILMU BARU YANG BERKAH

Cara Membuat Judul Membuat Online

Judul berita itu harus ringkas, menggambarkan isi, tapi berupa kalimat lengkap. Minimal terdiri dari subjek, predikat dan objek. Selain itu, ia menambahkan kalau judul berita di online tidak boleh menggunakan kalimat Tanya.

Namun menurut salah satu redaktur online Kompas.com Pepih Nugraha, judul adalah etalase berita. Dimana lewat etalase itu lah pembaca akan melirik, kemudian memilik untuk membacanya atau tidak.

Menurut Pepih, di kompas.com, judul itu dikenal dengan istilah pertempuran tiga detik. Maksudnya, bahwa persaingan di media online itu begitu ketat. Saking ketatnya, pembaca hanya butuh waktu tiga detik untuk menilai berita itu menarik atau tidak. Dan jika pembaca merasa judulnya tidak menarik, maka ia akan pindah ke media lain.

Oleh karena itu, kompas.com merubah criteria dalam pembuatan judul disetiap beritanya, disesuaikan dengan karakteristik pembaca media online. Judul di kompas.com itu terlihat lebih informal, tidak kaku, dan tidak baku. Berbeda dengan judul berita di Kompas Cetak yang cenderung lebih kaku, dan resmi.

Menurut  Pepih ada beberapa unsur yang bisa dijadikan jurus jitu untuk memengkan pertempuran tiga detik itu. Jurus itu terdiri dari:
1.    ada unsur rahasianya: contoh: Apa Isi Flashdisk Nazaruddin ?; Doa Anas untuk Nazarudin
2.    dramatis, contoh: Puluhan Mayat Imigran Dibuang ke Laut ; Dulu Kurir, Kini Buka 100.000 Toko
3.    lugas, contoh: Partai Demokrat Berbohong ; Oezil Pukul Villa karena Hina Agamanya
4.    unik, contoh: Tikus Cerdik Oleskan Racun di Jambulnya; Seekor Domba Terjual Rp 1,3  Miliar
5.    menonjolkan konteks, contoh: Partai Demokrat; Briptu Norman
6.    deskriptif, contoh: Colok Mata Vilanova, Mourinho Terancam Dipecat ; Ruhut: Ayo Nazar,  "Bernyanyilah" di  Pengadilan
7.    sedikit lebay atau bombastis, contoh: Wuih... Maybach Lecet, Perbaikannya Seharga Satu Jazz ; Wow, di Bali Ada Festival Ciuman Muda-mudi.

Related Post



Posting Komentar